KEGIATAN PEMBUKAAN PERINGATAN BULAN K3 NASIONAL PERTAMBANGAN MINERAL DAN BATUBARA TAHUN 2024



Jumat, 12 Januari 2024, bertempat di Aula Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Geologi Mineral dan Batubara Lantai 7 (PPSDM Geominerba) Jl. Jend. Sudirman No.623, Kota Bandung, Jawa Barat, Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara menyelenggarakan kegiatan Pembukaan Peringatan Bulan K3 Nasional Pertambangan Mineral dan Batubara.

Pembukaan Peringatan Bulan K3 Nasional Pertambangan Mineral dan Batubara Tahun 2024 ini merupakan kegiatan pembukaan Bulan K3 yang pertama kali diselenggarakan secara fisik. Hal ini ditujukan untuk memupuk kebersamaan dan sekaligus mengingatkan kita terkait pentingnya menggelorakan pengelolaan keselamatan pertambangan mineral dan batubara. 

Kegiatan yang berlangsung secara fisik ini dihadiri oleh Direktur Teknik dan Lingkungan Mineral dan Batubara (Sunindyo Suryo Herdadi), Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Geologi, Mineral, dan Batubara (Dwi Anggoro Ismukurnianto), Direktur Politeknik Energi dan Pertambangan Bandung (Asep Rohman), Koordinator Keselamatan Mineral dan Batubara (Warid Nurdiansyah), Koordinator Inspektur Tambang (KorIT) Provinsi Jawa Barat (Muhammad Saptajie), serta para Kepala Teknik Tambang (KTT) perusahaan pertambangan mineral dan batubara.

Kegiatan dibuka dengan Apel Pagi Bulan K3 Nasional Pertambangan Tahun 2024 yang dipimpin oleh Sunindyo Suryo Herdadi . Dalam apel ini Sunindyo menyampaikan amanat agar KTT dan para Pengelola Keselamatan Pertambangan di Perusahaan untuk selalu mengedapankan komunikasi yang efektif sampai ke level operasional, misalnya membina dan mengkomunikasikan tentang cara bekerja yang aman. Hal lainnya yang juga diminta, yakni untuk terus melakukan evaluasi secara terukur yang menjadi dasar dalam menetapkan metode dan/atau program yang lebih baik dalam rangka peningkatan kinerja keselamatan pertambangan secara nasional.

Bulan K3 Nasional Pertambangan dapat menjadi bagian dari Kampanye K3 dalam upaya peningkatan kinerja yang dilaksanakan sesuai perencanaan pada dokumen RKAB perusahaan pertambangan serta ketentuan peraturan perundangan sebagaimana dengan tema Bulan K3 Nasional Tahun 2024 yakni “Budayakan K3, Sehat dan Selamat Dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha”. Pada saat apel juga dilakukan pembacaan Janji Keselamatan Pertambangan yang dipimpin oleh Kepala Inspektur Tambang dan diikuti oleh semua peserta. Adapun isi dari Janji Keselamatan Pertambangan adalah sebagai berikut:

Kami Kepala Teknik Tambang dan Petugas Bagian Keselamatan Pertambangan Mineral dan Batubara seluruh Indonesia berjanji: 
1. Menjamin kegiatan operasional pertambangan dilaksanakan sesuai dengan prosedur kerja aman yang telah ditetapkan;
2. Menjamin Sarana, Prasarana Instalasi dan Peralatan Pertambangan dalam kondisi layak operasi berdasarkan hasil pemeriksaan dan/atau pengujian oleh tenaga teknis pertambangan yang berkompeten;
3. Menjamin semua pekerja bekerja sesuai dengan kompetensi dan kualifikasi yang telah ditetapkan serta dalam kondisi bugar dan sehat sebelum bekerja dan selama pekerjaan berlangsung;
4. Menjamin kondisi lingkungan kerja sudah dinyatakan memenuhi syarat keselamatan berdasarkan hasil pengukuran dan penilaian oleh tenaga teknis pertambangan yang berkompeten;
5. Menyediakan secara cuma-cuma alat pelindung diri dan alat keselamatan sesuai bahaya dan risiko yang terdapat pada pekerjaan;
6. Memastikan pengendalian terhadap seluruh bahaya dan risiko sudah dilaksanakan dengan memadai sehingga kegiatan operasional dapat dilaksanakan secara aman, selamat, dan produktif.

Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Geologi, Mineral, dan Batubara, Dwi Anggoro Ismukurnianto menambahkan dalam sambutannya bahwa pentingnya acara peringatan bulan K3 Nasional  serta siap dan berkomitmen untuk support dalam peningkatan kinerja keselamatan pertambangan bagi para stakeholder. 

Selanjutnya rangkaian kegiatan Pembukaan Peringatan Bulan K3 Nasional Pertambangan Mineral dan Batubara dilanjutkan dengan acara sebagai berikut:
1. Senam bersama dalam rangka untuk meningkatkan kebugaran para Kepala Teknik Tambang.
2. Talkshow ”Jangan ada lagi luka dan duka di tambang” yang memaparkan pembelajaran yang dapat diambil dari kejadian kecelakaan tambang yang terjadi pada Tahun 2023 sehingga tidak terulang pada Tahun 2024.
3. Capacity Building dalam rangka meningkatkan kekompakan antara Kepala Teknik Tambang di seluruh Indonesia.

sumber: HumasMinerba