Pengukuhan Mine Rescue Team



SAWAHLUNTO (16/11) Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara Bersama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian ESDM mengadakan Pengukuhan Mine Rescue Team Kota Sawahlunto dan Kabupaten Sijunjung. Kegiatan pengukuhan ini dilakukan setelah dilaksanakannya acara Pendidikan dan Pelatihan Dasar Mine Rescue di aula Balai Diklat Tambang Bawah Tanah. 

Kegiatan pengukuhan dihadiri oleh Direktur Teknik dan Lingkungan Mineral dan Batubara/Kepala Inspektur Tambang, Pj. Walikota Sawahlunto yang diwakili oleh Muhadiris selaku Asisten II (Asisten Perekonomian dan Pembangunan), Wakhid Hasyim selaku Sekretaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral, Dwi Anggoro selaku Kepala PPSDM Geominerba Bandung, Sekretaris Dinas ESDM Provinsi Sumatera Barat serta Jajaran Forkopimda Kota Sawahlunto dan Kabupaten Sijunjung. 

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut hasil Pertemuan Direksi Perusahaan Pertambangan Provinsi Sumatera Barat yang telah dilaksanakan pada tanggal 
26 Januari 2023. Dalam pertemuan tersebut terdapat prakarsa dari direksi perusahaan terkait dengan pembentukan Tim Mine Rescue Kota Sawahlunto dan Kabupaten Sijunjung. Oleh karena itu, pemerintah mendorong agar pembentukan Tim Mine Rescue terpadu dapat diinisiasi serta dikelola, dalam bentuk organisasi yang formal, secara aktif oleh para pelaku usaha dan pemangku kepentingan di Kota Sawahlunto dan Kabupaten Sijunjung.

Sekretaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral, Wakhid Hasyim menyampaikan agar untuk penyelenggaran pendidikan dan pelatihan di Balai Diklat Tambang Bawah Tanah dapat didorong lebih lanjut untuk menjadi Badan Layanan Umum (BLU) supaya lebih berkembang lagi dalam penyelenggaraan diklat terkait tambang bawah tanah.

Dalam kegiatan ini Muhadiris, yang mewakili Pj. Walikota Sawahlunto, menyampaikan agar tindak lanjut Pendidikan dan Pelatihan Dasar Mine Rescue dapat bekerja sama lebih lanjut untuk kegiatan pendidikan dan pelatihan terkait tambang bawah tanah.

Menurutnya pendidikan dan pelatihan lainnya, seperti terkait dengan pertambangan skala nasional juga bisa diselenggarakan di kota Sawahlunto. Hal tersebut dibutuhkan untuk perkembangan sumber daya manusia sektor ESDM, selain itu kota Sawahlunto juga akan mendapatkan benefit multiplier effect perekonomian.

Sunindyo Suryo Herdadi selaku Direktur Teknik dan Lingkungan/Kepala Inspektur Tambang menyampaikan bahwa pelatihan dasar ini merupakan kolaborasi dari BPSDM Kementerian ESDM serta Direktorat Jenderal Minerba. Pelatihan ini tentunya diadakan untuk peningkatan skill dan kompetensi tim rescue di regional pertambangan Kota Sawahlunto dan Kabupaten Sijunjung. 

“Kali ini kita sudah selangkah lebih maju serta berkomitmen untuk peningkatan kompetensi tim rescue tersebut dengan mengupayakan adanya orang yang berkompeten maupun peralatan yang memadai.” ungkap Sunidyo. 

Sunindyo juga memberikan saran agar BPSDM Kementerian ESDM serta Forkopimda Kota Sawahlunto dan Kabupaten Sijunjung untuk bersama-bersama mendorong peran aktif Tim Mine Rescue. Peran aktif dari Tim Mine Rescue dapat digunakan untuk mitigasi kebencanaan maupun hal lainnya yang bersifat kedaruratan dari bencana alam. Menurutnya hal tersebut merupakan bagian dari tanggung jawab subsektor pertambangan mineral dan batubara.

Masih dalam rangkaian kegiatan, Sunindyo juga mengunjungi kantor sekretariat Tim Mine Rescue Sawahlunto-Sijunjung. Kunjungan dilakukan di lokasi posko tim jaga penerimaan laporan kegawatdaruratan, tempat pelatihan internal, dan penyimpanan aset perencanaan pekerjaan Tim Mine Rescue terhadap potensi kebencanaan maupun kegawatdaruratan untuk misi-misi kemanusiaan. (DBT/NM)



sumber: HumasMinerba