500 Lebih Pegawai Minerba Jalani Kegiatan Penguatan Karakter dan Kerja Sama


Lebih dari 500 pegawai Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara, Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melaksanakan kegiatan penguatan karakter dan kerja sama guna menumbuhkan karakter dan kerja sama yang kuat. Kegiatan ini diharapkan dapat membawa dampak positif dalam bekerja.

Menurut Menteri ESDM Arifin Tasrif, kegiatan ini sangat bagus untuk membangun semangat baru seluruh pegawai Ditjen Minerba dan patut dicontoh unit lain di lingkungan Kementerian ESDM.

"Sungguh bangga hari ini bisa melihat dan bertemu dengan saudara-saudara sekalian. Mungkin ini pertama kali saya bertemu secara langsung dengan 500 pegawai minerba dalam semangat kebersamaan seperti in. Saya mengucapkan terima kasih kepada pak Irjen, Wadan Korp Marinir Brigjen (Mar) Suherlan, dan Komandan Pasukan Marinir I Brigjen Faruq Brigjen TNI Umar Farouq. Niatan kita untuk dapat menyatukan kita bersama karena tanpa menyatukan kemampuan kita tidak bisa mencapai apa apa yang menjadi tujuan kita," kata Arifin dalam arahannya di Bogor, Sabtu (21/10).

Karakter yang kuat membuat seseorang menjadi kokoh dan stabil. Hal ini sangat penting bagi bangsa dan kehidupan bangsa. Seorang PNS yang profesional dan bekerja dengan baik adalah ciri khas pegawai yang berkarakter, dimana hal ini akan membawa dampak positif. Jika karakternya baik dan integritasnya tinggi, semata-mata bekerja untuk mengabdi kepada bangsa, tentu tugas yang berat pasti akan terasa ringan.

"Saya sangat bangga melihat kekompakan dari semua peserta ini (4 kompi). Terima kasih kepada semua instruktur yang dalam dua hari sudah bisa membangun semangat dari semua insan minerba. Pelihara ini setiap kompi terlihat kompak, satu suara, satu gerak, satu semangat, ini yang harus kita pelihara dan terus dipertahankan dan insyaa Allah dengan semangat ini kita bisa menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan kita dengan baik, dengan niat yang baik. Insyaa Allah pekerjaan kita akan lancar dan bisa memberikan kebaikan kepada kita semua dan bagi masyarakat Indonesia," lanjut Arifin.

Arifin mengingatkan, sektor minerba adalah sektor yang penting penyumbang penerimaan negara yang besar yang dipergunakan sebagai pendorong perkonomian untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia dan itu harus ditanamkan dalam hati setiap pegawai agar dapat bekerja dengan baik.

"Kita dituntut bekerja dengan cepat, bekerja dengan cermat dan produktif (CECEP) dan yang perlu ditanamkan adalah kita bekerja bukan untuk diri kita sendiri. Kita bekerja untuk kepentingan masyarakat banyak. Itulah nilai kehidupan kita semua," Arifin mengingatkan.

Melihat keberhasilan pelatihan peningkatan karakter dan kerja sama pegawai minerba ini, Arifin berniat untuk melaksanakan kegiatan yang sama untuk uni lainnya di lingkungan kementerian ESDM untuk melaksanakan kegiatan yang sama.

"Saya juga berniat tidak hanya minerba tapi juga yang lain juga akan dikumpulkan seperti ini masih ada migas, gatrik, EBTKE dan lain-lain, dan ada inspektorat. Kalian minerba yang sudah menjadi pelopor maka peliharalah ini, peliharalah semangat ini. Kekompakan kita saling mendukung satu sama lain. Dengan semangat ini, kita dapat bekerja dengan lebih baik, lebih produktif dan bisa memberikan sumbangsih yang lebih besar lagi buat negara yang kita cintai ini. Insya Allah kita melaksanakannya dengan amanah, minerba jaya, ESDM maju, maju, Indonesia sejahtera," pungkas Arifin.

Menambahkan Menteri ESDM, Inspektur Jenderal yang juga Plt. Dirjen Minerba Bambang Suswantono menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan kekompakan diantara pegawai Ditjen Minerba yang meskipun berada dalam satu gedung kurang saling berinteraksi dan bersosialisasi.

"Tujuan kegiatan ini adalah penguatan karakter dan kerja sama. Temen-temen di minerba ini kan dari berbagai direktorat meskipun dalam satu gedung dalam gedung direktorat minerbapun kita jarang bertemu, jarang bersosialisasi, berinteraksi diantara teman-teman kita, apalagi yang di Bandung. Nah, hari ini kita kumpul bersama baik dari minerba yang di Soepomo maupun yang dari TekMira Bandung kita jadikan satu bagaimana membuat satu tim yang bagus untuk bekerja sama, kita tidak pernah bicara secara sektoral kita bicaranya secara general mari tugas tugas yang kita pikul mari kita kerjakan bersama dan kita jadikan tanggung jawab bersama," ujar Bambang.

Melihat pelatihan yang diapresiasi Menteri, Bambang berharap pelatihan yang sama dapat dilaksanakan di unit-unit lain di Kementerian ESDM.

"Sesuai dengan arahan Menteri setelah melihat yang ada disini, beliau sangat bangga dan tentunya ini menjadi prototype buat berikut di direktorat-direktorat yang lain, seperti di migas, di gatrik, di EBTKE itu nanti akan dilakukan kegiatan seperti ini," tutup Bambang. (SF/Biro KLIK)


sumber: HumasMinerba