BImtek Bangka Belitung: Komisi VII DPR RI Selaraskan Pengawasan dengan Ditjen Minerba



PANGKALPINANG (11/08) Direktorat Pembinaan Pengusahaan Mineral Ditjen Minerba kembali melaksanakan kegiatan Pembinaan Pertambangan Mineral kepada Pemerintah Daerah dan Pemegang IUP bersama Anggota Komisi VII DPR RI. Kegiatan yang biasa dikenal dengan Bimtek (Bimbingan Teknis) ini diadakan untuk Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kegiatan yang diadakan secara bauran ini dihadiri secara fisik oleh kurang lebih 130 peserta. Pada sesi pembukaan, kegiatan dibuka oleh Pj. Gubernur Kepulauan Bangka Belitung yang diwakili oleh Amir Syahbana selaku Kepala Dinas ESDM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Amir yang membuka sekaligus menyampaikan sambutan, mengucapkan terima kasih kepada Ditjen Minerba selaku penyelenggara, dan kepada pemegang IUP yang menyempatkan hadir di kegiatan pembinaan kali ini. Amir berharap bahwa kegiatan pertambangan yang ada di Bangka Belitung dapat memberikan manfaat yang besar dengan tanpa melupakan tanggung jawab lingkungan dan sosial terhadap masyarakat sekitar.

Bambang Patijaya yang hadir secara langsung juga menyampaikan dukungannya terhadap kegiatan pembinaan pertambangan ini. “Kami di DPR, di Komisi VII membawahi salah satunya Kementerian ESDM. Di Ditjen Minerba, salah satunya kami ingin memaksimalkan di pengawasan terutama terhadap pelakunya (red: pengusaha tambang)”, ucap Bambang.

Menurut Bambang, kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk berkomunikasi dan menginformasikan hal-hal mutakhir yang terjadi di Indonesia dan Bangka Belitung terkait dengan pertambangan. Paparan dan diskusi yang dibahas oleh Bambang berfokus pada regulasi yang ada di pertambangan. Bambang juga menyinggung terkait dengan hilirisasi dan pelimpahan perizinan, yang pasca UU Nomor 3 Tahun 2022 ada di pemerintah pusat, lalu dilimpahkan kembali ke pemerintah daerah.

Selain dari Anggota Komisi VII DPR RI, sesi pemaparan dan diskusi juga disii oleh narasumber dari Kementerian Investasi/BKPM, Dinas KLHK, dan Dinas ESDM. Kegiatan pembinaan pertambangan yang telah diadakan di beberapa provinsi, masih akan terus dilaksanakan sepanjang tahun 2023. (NM)

sumber: HumasMinerba