PERINGATAN BULAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA NASIONAL TAHUN 2023

SIARAN PERS

Nomor: B.74/MB.07/SDB/2023
Tanggal: 16 Januari 2023

Kegiatan Bulan K3 Nasional merupakan bentuk aktualisasi dalam gerakan nasional pemberdayaan budaya K3 khususnya di subsektor pertambangan mineral dan batubara yang dilaksanakan sejak tanggal 12 Januari 2023 sampai dengan 12 Februari 2023 dengan mengusung tema “Terwujudnya Pekerjaan Layak yang Berbudaya K3 Guna Mendukung Keberlangsungan Usaha di Setiap Tempat Kerja”.

Melalui Surat Edaran Direktur Teknik dan Lingkungan/Kepala Inspektur Tambang nomor B-7272/MB.07/DBT.KP/2022 tanggal 15 Desember 2022, pemerintah meminta kepada perusahaan pertambangan dan perusahaan jasa pertambangan untuk turut aktif melaksanakan program Bulan K3 Nasional Tahun 2023 berupa kegiatan yang bersifat strategis, promotif, dan implementatif.


 
Pada hari Kamis, tanggal 12 Januari 2023, telah dilaksanakan acara Pembukaan Peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2023 yang merupakan awalan dari rangkaian pelaksanaan Bulan K3 Nasional Tahun 2023 di Subsektor Pertambangan Mineral dan Batubara. Tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut adalah:

1. Memotivasi seluruh insan pertambangan untuk mengkampanyekan aspek keselamatan pertambangan sesuai dengan peran dan kapasitasnya.
2. Berbagi pengetahuan dan pengalaman terkait dengan inovasi, motivasi dan kebijakan yang dapat meningkatkan pengelolaan keselamatan pertambangan yang semakin baik.
3. Memberikan inspirasi kepada seluruh insan pertambangan dan apresiasi kepada Tim ESDM Siaga Bencana Cianjur Tahun 2022 atas kinerja dalam misi kemanusiaan



Kegiatan Pembukaan Peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Pertambangan Mineral dan Batubara Tahun 2023 dibuka oleh Direktur Teknik dan Lingkungan Mineral dan Batubara/Kepala Inspektur Tambang, Sunindyo Suryo Herdadi dengan jumlah peserta yang tercatat hadir sebanyak 3.091 orang.

Kegiatan meliputi 5 (lima) sesi, yakni sebagai berikut:

1. Sesi 1 Pengumuman Pemenang Lomba Video Bulan K3 Nasional Tahun 2023 dan Talkshow “Peran Inspektur Tambang, Kepala Teknik Tambang, Penanggung Jawab Operasional, Personel Keselamatan Pertambangan Pengawas Operasional, Pengawas Teknis, dan Pekerja Tambang dalam Menjamin Terwujudnya Pekerjaan Layak yang Berbudaya K3 di Tempat Kerja”, dengan pemenang sebagai berikut:
        
        a. Kategori Peserta para Kepala Teknik Tambang Perusahaan Pertambangan atau Penanggung Jawab Operasional Perusahaan Jasa Pertambangan seluruh Indonesia
                1) Hamdan, Penanggung Jawab Operasional PT Mutiara Tanjung Lestari Site PT Berau Coal;
                2) Suhernomo, Kepala Teknik Tambang PT Adaro Indonesia;
                3) Ikhsan Alman Latif, Kepala Teknik Tambang PT Kideco Jaya Agung;
        b. Kategori Peserta para Inspektur Tambang seluruh Indonesia:
                1) Inspektur Tambang Penempatan Provinsi Jawa Barat;
                2) Bayu Guntoro, Calon Inspektur Tambang Penempatan Provinsi Papua Barat;
                3) Inspektur Tambang Penempatan Provinsi Nusa Tenggara Barat;
        c. Kategori Peserta para Personel Safety Perusahaan Pertambangan dan Perusahaan Jasa Pertambangan:
                1) Armansyah, Safety Officer PT Bukit Makmur Mandiri Utama Site PT Adaro Indonesia Inspektur Tambang;
                2) Lukman Nul Hakim, Underground Safety Officer PT Nusa Halmahera Minerals;
                3) M. Jamaluddin Al Apgani, Safety Ofiicer PT Putra Perkasa Abadi;
        d. Kategori Peserta para Pengawas Operasional dan Pengawas Teknik Perusahaan Pertambangan dan Perusahaan Jasa Pertambangan:
                1) Nanak Setiawan, Pengawas Operasional PT Pamapersada Nusantara Site PT Kaltim Prima Coal;
                2) Fitria Ciptaningsih, Pengawas Operasional PT Agincourt Resources;
                3) Imanniar Akbar Kurniawan, Pengawas Operasional PT Pamapersada Nusantara Site PT Kaltim Prima Coal;
        e. Kategori Peserta para Pekerja Tambang di Perusahaan Pertambangan dan Perusahaan Jasa Pertambangan:
                1) Helmi, PT Bukit Makmur Mandiri Utama Site PT Adaro Indonesia;
                2) PT Putra Perkasa Abadi Site PT Borneo Indobara;
                3) Syamsul Risal, PT Pamapersada Nusantara Site PT Bukit Asam Tbk Unit Pertambangan Tanjung Enim;

2. Sesi 2 Pengumuman Pemenang Inovasi Keselamatan Pertambangan Tahun 2022 dan Presentasi Juara Inovasi Keselamatan Pertambangan
        a. Juara Inovasi Keselamatan Pertambangan Perusahaan Komoditas Mineral;
                1) PT Agincourt Resources dengan judul inovasi “Retactable Frame Conveyor”;
                2) PT Timah Tbk Unit Kundur dengan judul inovasi “Sistem Informasi Operasi Produksi Laut”;
                3) PT Weda Bay Nickel dengan judul inovasi “Rolling Over Protection Structure”;
        b. Juara Inovasi Keselamatan Pertambangan Perusahaan Komoditas Mineral;
                1) PT Berau Coal dengan judul inovasi “Channel Dump”;
                2) PT Perkasa Inakakerta dengan judul inovasi “Pemanfaatn Barang Bekas Menjadi Alat Pengendapan dan Pengendalian Debu Pekerjaan Pembersihan Filter Udara”;

3. Sesi 3 Soft Launching Petunjuk Teknis Pencapaian Kinerja Keselamatan Pertambangan yang disampaikan melalui video testimoni dari perusahaan yang telah dilakukan uji coba terhadap pengukuran tingkat pencapaian kinerja Keselamatan Pertambangan.

4. Sesi 4 Leadership Session: “Building Safety Leaders”- Ari Ginanjar Agustian (Motivator, Penulis Buku, Entrepreneur, Founder ESQ Training), yang disampaikan oleh Licensed Trainer Ary Ginanjar Agustian dan  Iman G. Herdimansyah. Bahwa dalam mengelola pekerjaan secara safety harus dimulai dengan menanamkan safety values ke dalam organisasi. Kemudian implementasinya didorong dengan motivasi yang bersumber dari logis (akal), emosional, dan spiritual.

5. Sesi 5 Pemutaran Video Penyerahan Simbolis Penghargaan dan Brevet kepada perwakilam Tim ESDM Siaga Bencana Cianjur Tahun 2022. Penyerahan Penghargaan telah dilaksanakan tanggal 6 Januari 2023 di Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara. Kegiatan dihadiri oleh Tim ESDM Siaga Bencana dan Perwakilan Manajemen Perusahaan Pertambangan Mineral dan Batubara yang berkontribusi pada ESDM Siaga Bencana Gempa Bumi Cianjur tahun 2022.

Pada bulan K3 Nasional Tahun 2023, diharapakan tidak hanya diisi dengan kegiatan-kegiatan yang bersifat seremonial saja. Akan tetapi, juga diisi dengan kegiatan yang pelaksanaannya harus dapat mewujudkan pekerjaan layak yang berbudaya K3 guna mendukung keberlangsungan usaha di setiap tempat kerja. Bulan K3 Nasional Tahun 2023 harus dilaksanakan secara aman dan selamat, sehingga tidak mengurangi fokus perangkat pengawas dan sumberdaya organisasi dalam pengelolaan keselamatan pertambangan, maupun pengawasan pada kegiatan operasional pertambangan perusahaan. Saling jaga dan bantu sangat dibutuhkan dalam setiap kegiatan operasional, tentunya sesuai dengan peran dan fungsi masing-masing.

Bersama-sama  kinerja pengelolaan Keselamatan Pertambangan sebagai bagian dari Good Mining Practice harus terus ditingkatkan. Hal tersebut dilakukan agar di tahun 2023 dan seterusnya target kinerja Keselamatan Pertambangan yang telah ditetapkan dapat dicapai. Kegiatan pertambangan di Indonesia diharapkan dapat bebas dari kejadian akibat penyakit tenaga kerja, penyakit akibat kerja, kecelakaan, kejadian berbahaya, dan kejadian kerugian lainnya. 

Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral

sumber: HumasMinerba