Dirjen Minerba Dampingi Menteri ke Freeport


TEMBAGAPURA (20/12) Dalam kunjungan pertama kali ke PT Freeport Indonesia, Menteri ESDM Arifin Tasrif didampingi oleh Bambang Gatot Ariyono selaku Direktur Jenderal Mineral dan Batubara beserta rombongan. Selepas meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) di Distrik Ilaga, rombongan langsung kembali ke Timika untuk langsung menuju Tembagapura. Perjalanan menuju Tembagapura, dilakukan dengan perjalanan darat akibat cuaca yang tidak mendukung untuk dilakukan perjalanan udara (menggunakan helikopter). Perjalanan darat ditempuh kurang lebih selama 2 (dua) jam perjalanan dengan jarak tempuh sekitar 65 kilometer.

Sesampainya di Tembagapura, rombongan beristirahat sejenak sembari mendengarkan pengarahan terkait dengan safety induction di kawasan pertambangan PT Freeport Indonesia. Tepat pada pukul 15.00 WITA rombongan kembali melakukan perjalanan menuju Tambang Terbuka Grasberg. Perjalanan diliputi cuaca berkabut sampai dengan puncak Grasberg yang berada di ketinggian 4207 mdpl. Meskipun tidak dapat melihat secara langsung tambang dan aktivitas di Grasberg, rombongan masih dapat mengetahui tentang sejarah atau kegiatan sehari-hari di Grasberg.

Melanjutkan perjalan dari Grasberg, diiringi hujan rombongan turun menuju Ruang Kontrol Minegem, sebuah pengoperasian peralatan tambang di bawah tanah secara otomatis. Secara langsung rombongan melihat bagaimana teknis pengoperasian alat tambang dengan teknologi mutakhir. Menariknya, pengoperasian Minegem ini banyak dikemudikan oleh operator perempuan. Sejak dioperasikan dari tahun 2017, operator perempuan mendominasi pengoperasian Minegem."Tidak terlalu sulit Pak, karena kami sudah diajarkan dan dilatih sebelum boleh mengoperasikan ini", ungkap salah satu operator saat ditanya Menteri ESDM.

Kunjungan diakhiri dengan berdiskusi dan sesi bebas antara Menteri ESDM Arifin Tasrif bersama dengan pegawai-pegawai PT Freeport Indonesia. "Tetap semangat ya, di sini udara dingin sehat-sehat ya dan tetap produktif," ucap Arifin disertai tawa dari pegawai PT Freeport Indonesia.

sumber: NM-HumasMinerba