Bakosurtanal jual peta ke outlet
JAKARTA (Bisnis): Bakosurtanal menjajaki keumungkinan untuk memperluas pemasaran produk peta digital dan konvensional melalui outlet (gerai) ke sejumlah daerah potensial di Indonesia.
Kepala Pusat Pelayanan Jasa dan Informasi Badan Koordinasi Survai dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal) Sukendra Martha mengemukakan rencana perluasan jaringan pemasaran melalui outlet itu untuk memudahkan pengguna memperoleh produk Bakosurtanal.
Dia mengatakan salah satu target perluasan gerai itu adalah perguruan tinggi karena selama ini pengoperasian outlet di sejumlah institusi pendidikan itu menunjukkan kinerja yang cukup bagus.
"Kami melihat potensi pemasaran melalui perguruan tinggi cukup menjanjikan sehingga kami mempertimbangkan untuk memperluas jaringan pemasaran di institusi ini. Saat ini masih dijajaki ke sejumlah daerah potensial," katanya pekan ini.
Dia memaparkan pengoperasian outlet di sejumlah perguruan tinggi menjadi salah satu strategi pemasaran Bakosurtanal karena tidak hanya digunakan untuk menjual peta digital dan konvensional tapi juga memberikan jasa konsultasi gratis.
Selain itu, Sukendra menyatakan Bakosurtanal juga terus merancang model pemasaran yang tepat untuk meningkatkan penjualan peta digital tahun ini karena produk tersebut bukan komoditas yang mudah dipasarkan.
Lembaga pemerintah tersebut terus memperkuat promosi, tutur dia, karena selain peta digital bukan produk consumable pemahaman masyarakat terhadap pemanfaatan peta digital juga masih tergolong kurang.
Meski demikian, lanjut dia, seiring dengan perkembangan pemanfaatan teknologi dan informasi (TI), Bakosurtanal tetap akan memfokuskan pengembangan produk peta dalam bentuk digital.
Dia memaparkan kebutuhan pasar peta digital hingga saat ini memang masih lebih banyak dari kalangan konsultan swasta terutama digunakan sebagai referensi perencanaan pembangunan prasarana fisik termasuk proyek pemerintah.
Sukendra mengatakan tahun ini Bakosurtanal juga mulai menerapkan strategi pemasaran melalui Internet yang selain untuk meningkatkan omzet peta digital tahun ini juga sesuai dengan kebijakan Bakosurtanal yang mencanangkan 2004 sebagai tahun informasi geospasial elektronik.
"Memang pemasaran secara online belum tentu secara otomatis mendongkrak pasar peta digital karena belum banyak masyarakat pengguna peta yang memanfaatkan sarana komunikasi berbasis elektronik ini."
Dia optimistis dengan berbagai strategi, omzet Bakosurtanal bisa terus meningkat karena selain pemahaman masyarakat lebih baik juga ketersediaan petanya cukup lengkap untuk seluruh Indonesia dengan skala yang bervariasi. (jha)
sumber: